Minggu, 07 Desember 2008

Activity 4.1.6 Segmentation & Reassemble CCNA 1

Pada aktifitas ini, kita belajar untuk mengetahui dasar TCP maupun UDP protocol yang dianimasikan melalui Packet Tracer 5. Setelah mengatur event list yang diinginkan (DNS dan HTTP).

Ketika program simulasi kita jalankan dapat dilihat PC client akan meminta servis DNS, diikuti dengan meminta halaman web. Server mengirim halaman web dalam dua segmen dan PC mendapatkan halaman web tersebut. Aplikasi yang diminta oleh PC ialah DNS dan HTTP. Aplikasi DNS menggunakan UDP dan direpresentasikan oleh Port 53, sedangkan aplikasi HTTP menggunakan protocol TCP dan direpresentasikan oleh Port 80. Sedangkan untuk port yang lainnya degenerate oleh PC dengan nomor port yang lebih besar dari 1023.

Pada simulasi kali ini kita hanya akan focus pada layer 4 dan layer 7, dimana akan terlihat pada transport layer, port apa yang digunakan dan berfungsi sebagai addressing aplikasi apa. Dalam hal ini aplikasi DNS dan HTTP digunakan ketika PC mengakses udptcpexample.com.

PClab1-1.jpg picture by Zakiyy_a

Gambar di atas merupakan informasi PDU pada baris ke 2 proses simulasi, dapat diketahui bahwa informasi PDU yang datang ke server memiliki port asal 1027 (PC) dan port tujuan 53 (DNS). Sedangkan pada informasi PDU yang keluar dari server maka memiliki port asal 53 (DNS) dan port tujuan 1027 (PC).

analisalab11.jpg picture by Zakiyy_a

Gambar di atas dilihat pada server yang menunjukkan PC meminta halaman web, dengan menggunakan protocol TCP. Pada PDU yang datang ke server dapat diketahui port asal PC yang digunakan ialah 1027 dan port tujuan 80 (HTTP). Pada PDU yang keluar dari server port asal ialah 80 dan Port tujuan 1027 (PC).

analisalab12.jpg picture by Zakiyy_a

Selain itu, ACK number pada PDU yang akan keluar dari server menunjukkan nilai 2, dimana pada PDU yang datang masih bernilai 1. Hal ini sesuai dengan teori 3 way Handshake dimana nilai ACK yang dikirim oleh server bernilai satu lebih besar dari nilai inisial sequence (dimana nilai sequencenya = 1).

analisalab13.jpg picture by Zakiyy_a

Pada Gambar di atas ini merupakan informasi PDU yang diterima oleh PC, dimana port asalnya ialah 80 (HTTP) yang dikirim oleh server dengan tujuan port PC 1027. Nilai ACK saat ini ialah 2 yang berarti sesi dengan server telah terjalin, sehingga halaman web dikirim ke PC client.

Tidak ada komentar: