Minggu, 07 Desember 2008

Activity 4.2.5 (TCP Session Termination)

Simulasi kali ini berkaitan dengan TCP Session Establishment and TCP Session Termination. Simulasi ini memperlihatkan bagaimana pembentukan TCP session melalui proses three way handshake. Dimulai dari PC meminta request tentang halaman web, kemudian server mengirim halaman web dalam dua segmen. Kemudian dilanjutkan dengan acknowledgement dari PC mengenai halaman web yang direquest, kemudian setelah itu dilakukan terminasi/pemutusan session.

Berikut ini merupakan analisa 4 koneksi TCP pertama:

1) divais PC mencoba melakukan koneksi TCP ke 192.168.1.2 pada port 80 (HTTP), kemudian divais ini mengirim segmen TCP SYN dan mengatur kondisi koneksi ke SYN_SENT.

2) divais pada server menerima segmen TCP SYN pada port 80 kemudian permintaan koneksi tersebut diterima. Divais server mengatur kondisi koneksi menjadi SYN_RECEIVED kemudian server akan mengirim segmen TCP SYN+ACK ke PC Client.

3) Divais pada PC menerima segmen TCP SYN+ACK dalam koneksi 192.168.1.2 pada port 80 kemudian segmen TCP memiliki sequence number yang diharapkan. Divais ini kemudian akan menambah satu sequence number tersebut. Segmem TCP juga memiliki ACK number yang telah diharapkan, divais ini mengeluarkan segmen terakhir yang telah dikirim dari buffer. Dengan ini koneksi TCP akan sukses dan divais menetapkan kondisi koneksi menjadi ESTABISHED. Kemudian Divais pada PC ini akan mengirim segmen TCP ACK.

4) Divais pada Server menerima segmen TCP ACK yang dikirim divais PC. Segmen TCP tersebut memiliki ACK number yang diharapkan sehingga divais PC akan mengeluarkan segmen terakhir yang dikirim dari buffer dengan ini koneksi TCP telah berhasil dan divais mengubah koneksi menjadi ESTBLISHED juga.

Tidak ada komentar: